Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Sabtu, 15 Agustus 2009

Edu-Game: Mari menanam Bunga


Game ini dimodifikasi dari dari game yang kami ambil dari TalbiddeenJr.Com

PETUNJUK BAGI ORANG TUA DAN GURU

Persiapan:
1. Sebelum memberikan permainan ini kepada anak-anak, sebaiknya orang tua dan guru membaca terlebih dahulu peraturan bermain dan menjelaskan kepada anak-anak. Yang terbaik adalah menyertai anak-anak saat bermain. Hal ini akan sangat bermanfaat, sehingga apabila ada jawaban yang tidak benar, orang tua dapat mengoreksinya, sekaligus mengajarkannya kepada anak.

2. Permainan ini dapat dimainkan oleh 5 orang anak secara individu, ataupun berkelompok. Kelebihan dimainkan secara kelompok adalah ketika melewati sebuah pertanyaan, anak-anak dapat bekerja sama dapat saling membantu untuk mencari jawaban yang benar.


3. Siapkanlah terlebih dahulu lima buah bidak, atau benda lain yang berwarna-warni yang dapat dipergunakan sebagai pion di dalam permainan. Cetak dan guntinglah kartu angka dan 3 kartu bunga warna-warni. Juga cetak dan guntinglah tanda bintang-bintang pada kertas karton sebanyak yang anda butuhkan.

4. Akan lebih baik bila papan permainan dan peraturan bermain di cetak dan dilaminating secara timbal balik, sehingga tidak mudah rusak dan dapat digunakan berulang kali. Demikian juga dengan kartu angka.

5. Anda dapat melakukan hal serupa untuk kartu-kartu bunga bila perlu. Tiga buah kartu bunga dengan warna yang berbeda ini digunakan untuk menyimpan 3 jenis pertanyaan yang dapat anda atur menurut keinginan anda. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan kartu bunga berwarna biru untuk pertanyaan seputar agama Islam, bunga merah untuk pertanyaan umum atau matematika, dan bunga pink untuk pertanyaan mempraktekkan sesuatu, atau dapat juga dipisah berdasarkan tingkat kesulitan pertanyaan.

6. Pertanyaan-pertanyaan dapat anda buat sendiri di atas kertas karton dengan ukuran yang sama dengan kartu bunga, dan diletakkan di bawah kartu bunga menurut jenis pertanyaan masing-masing. Jawaban yang benar akan diberi tanda bintang, jumlahnya bisa 1, 2 atau 3 tergantung tingkat kesulitan pertanyaan.
7. Semoga bermanfaat sebagai media permainan edukatif bagi putera-puteri anda.

Download Edu-Game: Mari Menanam Bunga



1 comments:

ERVINA FITRI INDIANI mengatakan...

assalamualaikum.
Ummu Annisa'a : " semua ebook sangat bermanfaat. terima kasih "

Posting Komentar