Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Rabu, 16 Desember 2009

Tips: Belajar Sambil Bermain dengan Edu-Game BAM


Sebelum ini ada yang menanyakan kepada kami terkait edu-game yang kami publikasikan melalui Maktabah Raudhah al-Muhibbin. “Apakah permainan ini tidak akan melalaikan anak-anak?”

Untuk pertanyaan tersebut, maka kami jawab, “Tidak. Justru edu-game tersebut berusaha untuk mengakomodasi kesenangan anak-anak bermain, sebagaimana lalzimnya dunia anak-anak, dengan hal-hal yang mendidik, sehingga permainan tersebut dapat memberikan manfaat tidak saja kegembiraan bermain (bersama keluarga ataupun dengan teman-teman) sekaligus menambah pengetahuan mereka mengenai beberapa topik tertentu. Dan terkadang (menurut pengalaman kami pribadi), hal ini justru lebih efektif sebagai media pembelajaran bagi anak-anak usia dini.



Sebagian besar edu-game yang kami publikasikan telah dicobakan kepada anak-anak berusia 3 – 7 tahun, dan alhamdulillah mereka menyukainya. Dari beberpa permainan, seperti “Mencari Harta Karun’, dan “Main Menanam Bunga”, yang berusia 3 tahun pun bisa mulai belajar dan menghafal doa-doa pendek dan beberapa pengetahuan agama yang sederhana lainnya, karena pertanyaan-pertanyaan yang menjadi bagian dari permainan bersifat fleksibel, bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Khusus untuk “Bingo Game Huruf Hijaiyah”, ini sangat memudahkan dalam memperkenalkan kepada anak-anak balita mengenal huruf Hijaiyah sebelum masuk ke buku Iqra. Melakukan permainan berkali-kali, dengan mengikuti petunjuk yang ada, dan tentu saja selalu disertai orang tua, akan sangat memudahkan anak untuk mengenali, melafalkan, dan menghafalkannya.
Bagi anda yang mempunyai pengalaman menarik dalam menggunakan media ini untuk bermain dan belajar bagi anak-anak anda, kontribusi anda dengan berbagi bersama para orang tua atau guru lainnya akan sangat kami harapkan.

Tim Pengelola Taman Bacaan Anak Muslim

0 comments:

Poskan Komentar