Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Minggu, 03 Januari 2010

Cara Efektif Belajar Membaca




Mengajarkan anak-anak membaca, dimulai dari mengenalkan huruf abjad sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit, dan tidak pula monopoli guru di sekolah. Anda pun bisa melakukannya di rumah, menggunakan metode yang sederhana, baik dibuat sendiri atau membeli yang telah tersedia di toko-toko. Tentu saja saya hanya berbicara berdasarkan pengalaman sendiri, mungkin sangat subyektif, tapi tidak menutup kemungkinan anda pun dapat menerapkannya kepada putera-puteri anda.

Anda bisa memulainya dengan eBook Mari Mewarnai Huruf, yang saya persiapkan khusus untuk kedua keponakan saya, Aulia (baru masuk 5 th) dan Khalil (3,5 th). E-Book ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak rangkaian huruf abjad melalui aktivitas mewarnai.

LK Menempel Huruf

Sebagai lanjutan dari eBook tersebut, lembar kegiatan menempel huruf dan gambar berikut ini dipersiapkan untuk langkah selanjutnya. Lembar kegiatan ini bertujuan untuk lebih mempertajam ingatan anak tentang huruf-huruf yang telah dipelajari sebelumnya, dengan cara menemplekan huruf-huruf sesuai dengan contoh dan gambar yang ditunjukkan. Caranya, guntinglah setiap huruf yang ada, lalu letakkan secara acak dalam sebuah kotak atau wadah, atau dapat disebarkan di lantai ketika anak hendak mulai bekerja. Ajarkan cara menemplekan satu kali, setelah itu biarkan mereka melakukan sisanya.


Hasil kerja anak-anak sebaiknya ditempelkan di tempat yang biasa mereka lihat sehari-hari, sehingga mereka selalu dapat mengulanginya. Tidak hanya itu, mereka pun dapat membanggakan hasil pekerjaannya kepada seluruh anggota keluarga atau teman-teman mereka yang kebetulan berkunjung, sebagaimana lazimnya anak-anak. Dan hal ini pun merupakan suatu motivasi tersendiri bagi mereka untuk terus belajar.

Sebagai contoh yang kami lakukan bersama Aulia dan Khalil, hasil kerja mereka yang telah diberi nilai ditempelkan di pintu ruang tengah yang mereka lalui setiap hari, sehingga memungkinkan mereka untuk selalu mengulang pelajaran tersebut. Dan setiap kali anggota keluarga duduk di ruang tengah, selalu ada saja yang bertanya kepada mereka tentang huruf-huruf atau ejaan kata yang terdapat dalam hasil lembar kegiatan mereka.
Berbeda dari yang pertama, lembar kegiatan kedua kembali melatih anak untuk lebih mengenali huruf-huruf yang menyusun sebuah kata benda, lalu mencari dan menempelkan gambar yang sesuai dengan kata benda tersebut. Setiap gambar digunting satu persatu dan disebar secara acak, agar anak-anak dapat memilih sesuai dengan apa yang mereka ketahui atau pelajari.
Adapun lembar kegiatan ketiga, ditujukan agar anak dapat menyusun huruf-huruf guna membentuk kata benda yang mewakili gambar yang ditunjukkan. Seperti cara sebelumnya, huruf-huruf digunting dan disebarkan secara acak, lalu mintalah anak anda menyusun huruf-huruf tersebut sesuai dengan gambarnya ke dalam kotak yang tersedia. Lembar kegiatan kedua dan ketiga pun kami tempelkan berdampingan dengan lembar sebelumnya. Anda tentu saja dapat membuat sendiri dengan ukuran huruf dan gambar yang lebih besar untuk memudahkan.
LK Menempel Huruf 3
Yang kami sajikan ini hanyalah sebuah contoh, alternatif sedeerhana yang dapat anda lakukan di rumah. Anak-anak tidak merasa terpaksa mengerjakannya, bahkan mereka menikmati kegiatan menempel dan mengenali huruf, setidaknya itulah yang dialami kedua keponakan kecilku.


Alhamdulilah, tidak sampai 3 minggu metode ini membuahkan hasil. Aulia saat ini sudah mulai dapat membaca kalimat sederhana dengan cara mengeja sendiri, sedangkan Khalil baru dapat mengeja beberapa kata tertentu, dan seringkali dibantu oleh kakaknya Aulia. Dalam sehari, minimal satu kali mereka singgah melihat lembar kegiatannya, mengulang ejaan, atau belajar mengeja sendiri ketika menemukan buku kakaknya dengan gambar yang menarik. Tentu saja tidak lupa anggota keluarga yang lain juga ikut berpartisipasi, menanyaan ejaan atau bacaan sebuah kata yang ditemukan di buku mereka.

Ditulis oleh Ummu Abdillah al-Buthoniyyah untuk BAM


1 comments:

Naufal mengatakan...

Downloadnya gmn?

Posting Komentar