Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Senin, 04 Januari 2010

Game: Kwartet Arabiyyah


Nama Permainan: Kwartet Arabiyyah
Tujuan: Untuk menambah perbendaharaan kata bahasa Arab dalam beberapa kelompok yang banyak digunakan.
Sasaran: Anak usia 6 tahun ke atas(minimal tamat iqra 5)
Jumlah Pemain: 4 orang

Kwartet Arabiyyah adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh 4 orang anak. Permainan ini terdiri dari 8 kwartet kartu dengan total sebanyak 36 kartu (32 kosa kata). Disertai juga dengan 3 kwartet cadangan (12 kartu) sehingga memungkinkan untuk dimainkan 5 orang anak. Permainan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan empat kartu dengan kategori yang sama sehingga menghasilkan kwartet.


Persiapan:
  • Lembaran dicetak (print0 di atas kertas karton berwarna putih. Sebaiknya dilapisi dengan karton lainnya dengan mengunakan lem kertas yang baik sehingga menghasilkan kartu yang lebih tebal dan tidak mudah rusak (Tipis: setelah dilekatkan dengan lem kartu akan menjadi sangat lembab. Disarankan untuk mengeringkannya dengan ditekan dengan setrika panas dan dilapis dengan selembar kain, sehingga kartu lebih cepat kering dan menempel dengan kuat).
  • Guntinglah kartu-kartu tersebut agar siap dimainkan.

Cara bermain:
  1. Kartu dikocok dan dibagi kepada 4 pemain, masing-masing pemain mendapatkan 4 lembar kartu. Sisa kartu ditumpuk dengan arah terbalik.
  2. Pemain yang mendapat giliran pertama bertanya kepada salah satu pemain lain nama kartu yang hendak dikumpulnya menjadi kwartet. Misalnya yang hendak dikumpulkan adalah kwartet hewan seperti contoh, maka yang harus dikumpulkan adalah kartu lain dengan warna atas yang sama dan nama-namanya terdapat dalam kartu. 
  3. Jika pemain yang dimintai memiliki kartu tersebut, maka dia harus menyerahkan kartunya, dan pemain pertama dapat melanjutkan permainan dan bertanya untuk kartu lainnya. Jika kartu yang diinginkannya tidak ada, maka dia mengambil satu kartu dari atas tumpukan kartu, dan permainan dilanjutkan oleh pemain berikutnya. Permainan berlanjut dengan cara seperti pertama, hingga semua kartu habis. Pemain yang mengumpulkan kwartet terbanyak memenangkan permainan.


1 comments:

stanboy mengatakan...

game yang sangat menarik.saya yang dah kuliah pun tertarik

Posting Komentar