Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Minggu, 11 April 2010

Flash Card: Rukun Islam dan Rukun Iman

Mengajarkan Rukun Islam dan Rukun Iman kepada anak-anak sejak dini ssangat penting. Oleh karena itu mempersiapkan bahan pembelajaran yang sedeerhana dan ineraktif akan sangat membantu mengenalkan kepada mereka perkara dasar yang wajib diketahui oleh setiap muslim ini.

Berikut ini adalah kartu-kartu Rukun Islam dan Rukun Iman yang memiliki beberapa kegunaan.  Anda dapat menggunakaannya sebagai bacaan bagi anak-anak usia 2 - 5 tahun, dan sebagai media perlombaan bagi anak-anak yang sudah dapat membaca.

Persiapan:

Alat:
  • Gunting atau cutter untuk memotong
  • Mistar penggaris
  • Pinsil
  • Selotip 
 Bahan yang diperlukan:
  • Kertas atau karton (dalam hal ini kami memanfaatkan kertas bekas)
  • Kardus bekas 
  • Kertas pembungkus berwarna atau kertas kado (Untuk keperluan ini sebagian kami memanfaatkan kalender bekas)
  • Lem perekat (sebaiknya pilih lem yang daya rekatnya kuat dan tidak membuat kertas lembab).

Cara membuat:
  •  Kartu ini dicetak di atas kertas.
  •  Potong kardus berukuran 14 cm x 14 cm lalu lapisi dengan kertas pembungkus.
  • Tempelkan hasil cetakan / print Rukun Islam atau Rukun Iman di atas kardus bekas sehingga menghasilkan kartu-kartu yang tebal. Dapat juga dicetak/dirpint langsung di atas kertas karton. Setiap kartu Rukun Islam atau Rukun Iman ditempelkan secara timbal balik, bagian depan menunjukkan urutan rukun Islam, dan bagian belakang adalah penjelasannya.
  • Setelah selesai, pinggiran kartu dapat dirapikan dengan menggunakan selotip. Kartu-kartu tersebut dapat dijilid dengan jilid besi spiral sehingga menjadi sebuah buku kecil, atau dibiarkan sebagaimana adanya untuk keperluan penggunaan yang lebih luas. Anda dapat pula membuat box dari kardus bekas untuk tempat penyimpanan flash card seperti di bawah ini.


Petunjuk penggunaan flash card Rukun Islam untuk bermain di dalam kelas (PAUD, TK, TPA, dll):

  1. Buatlah beberapa set kartu Rukun Islam atau Rukun Iman sesuai dengan jumlah yang dieprlukan. Anda dapat mencetaknya di atas lembar karton dan tidak perlu ditempelkan timbal balik. Masing-masing kartu Rukun Islam diberi tanda di salah satu bagiannya yang sesuai dengan warna tim.
  2. Bagilah anak-anak ke dalam kelompok yang diinginkan. Misalnya tim kuning dan tim biru.
  3. Tempelkan bagian depan kartu Rukun Islam atau Rukun Iman di dinding atau papan tulis di salah satu bagian ruangan untuk masing-masing kelompok seperti contoh berikut:
  4. Pasangan Kartu-kartu yang telah diberi tanda berwarna untuk masing-masing tim diacak keseluruhannya dan disipakan di sisi lain ruangan yang berlawanan dengan tempat menempelkan gambar-gambar di atas.
  5. Perlombaan dimainkan dengan cara anak menemplekan kartu-kartu penjelasan Rukun Islam atau Rukun secara berurut sesuai dengan warna timnya. Menempelkannya bisa dengan menggunakan selotip yang disiapkan atau dengan menggunakan “push pin”, atau cara lain yang lebih mudah digunakan.
  6. Pemenang lomba adalah kelompok yang lebih dulu berhasil menempelkan kartu Rukun Islam secara berturut-turut dengan benar dan sesuai dengan warna timnya.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Download atau Preview Rukun Islam
Download atau Preview Rukun Iman

Tips: Bagi anda yang menggunakannya untuk anak-anak anda di rumah, sebaiknya libatkan anak anda, atau setidaknya mereka ikut menyaksikan, dan mengetahui bahwa anda membuat sesuatu khusus bagi mereka. Dari pengalaman kami, hal ini justru membangkitkan minat anak untuk mengetahui seperti apa bacaan atau permainan yang disipakan untuk mereka dan membuat mereka lebih antusias untuk mempelajari isinya.

0 comments:

Posting Komentar