Seri Hadits

Seri Menulis

Seri Ibadah

Sabtu, 08 Mei 2010

Flash Cards: Teman Malaikat vs Teman Syaithan

Flash card berikut ini kami beri nama Teman Malaikat vs Teman Syaithan, dengan maksud untuk mengajarkan kepada anak-anak, sifat dan perbuatan yang dapat menjadikan seseorang diridhai Allah dan dicintai para malaikat dan mendekatkan seseorang kepada Surga yang penuh dengan kenikmatan, serta sifat atau perkara yang dicintai syaithan, dan dapat mengundang kemurkaan Allah dan memasukkan seseorang ke dalam neraka.Anda dapat menggunakan file flash card ini untuk digunakan di rumah bersama anak-anak anda, ataupun sebagai bahan pengajaran atau alat bantu peraga pada PAUD, TPA, TK, atau yang semisalnya.

Nama: Flash Card; Teman Malaikat vs Teman Syaithan


Tujuan:
  • Mengajarkan kepada anak-anak sifat dan perbuatan baik yang patut dimiliki dan diteladani, serta sifat dan perbuatan buruk yang harus dijauhi.

Target Sasaran:
  • Anak-anak usia 2 – 5 tahun.

Cara Membuat:
  1. Siapkanlah kartu-kartu seperti ketika membuat Flash Card Rukun Islam yang lalu. Atau anda dapat pula mencetaknya langsung di atas kertas karton seperti pembuatan Kwartet Arabiyyyah.
  2. Siapkanlah dua buah kotak dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menyimpan kartu-kartu, dan beri nama masing-masing TEMAN MALAIKAT dan TEMAN SYAITHAN.

Saran Penggunaan
  1. Tunjukkanlah kepada anak-anak dua kotak yang telah dibuat, dan jelaskan masing-masing apa yang dimaksud dengan Teman Malaikat dan Teman Syaithan. Misalnya dengan redaksi: Teman malaikat adalah sifat dan perbuatan yang diridhai Allah, dicintai malaikat dan dapat mendekatkan seseorang dengan Surga, dan Teman Syaithan adalah sifat atau perbuatan yan bisa mendatangkan murka Allah, dicintai oleh Syaithan dan dapat memasukkan seseorang ke dalam neraka.
  2. Tempatkanlah kartu-kartu secara terbalik dan acak di atas meja, dan kedua kotak di tempat yang terpisah.
  3. Ambillah 1 kartu dan tanyakan kepada anak-anak, termasuk ke dalam manakah kartu tersebut, lalu masukkan ke dalam kotak yang sesuai.
  4. Biarkan masing-masing anak bergiliran mengambil kartu-kartu. Bagi anak yang belum bisa membaca, bantu mereka dengan member tahu isi kartu yang dipegangnya.
  5. Tanyakan kepada anak termasuk ke dalam sikap dan perbuatan yang manakah kartu yang dipegangnya, dan mintalah dia memasukkan ke dalam kotak yang sesuai.
  6. Berikan penjelasan sederhana mengapa suatu sifat atau perbuatan tergolong ke dalam sifat dan perbuatan yang baik yang mendatangkan keridhaan Allah dan mengapa sifat dan perbuatan lainnya dapat mengundang murka Allah.
  7. Jika anda memiliki metode lain dalam memanfaatkan Flash Card ini, silahkan berbagi bersama kami dan pemerhati BACAAN ANAK MUSLIM
Semoga bermanfaat.



5 comments:

ubanuban mengatakan...

izin mengunduh. terima kasih.

Riza Rahmawati mengatakan...

Alhamdulillah bermanfaat,..
Jazakallahu Khoiron.

weni kuswardhani mengatakan...

Alhamdulillah...terima kasih...wallahu yubaarik fiik

vicka mengatakan...

Terima kasih, sangat membantu saya dalam mengajar anak-anak,semoga menjadi amal sholeh buat kita semua..

Anindita Zam mengatakan...

Terima kasih sudah memberikan fasilitas gratis kepada kami para orang tua, semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak2 shaleh/ah. Dan pembuat website ini bisa mendapatkan amal jariyah kelak, Aamiin YRA

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda